Kamis, 20 Desember 2018

SAY GOODBYE TO MOTION SICKNESS


Libur telah tiba libur telah tiba… horee… horee… horee… horee!
(eits jangan sambil nyanyi yah bacanya hahahaha)

Halo para pembaca yang budiman!☺
Libur natal akan segera tiba nih, pasti kalian sudah merencanakan liburan bersama keluarga atau dengan sahabat kalian ya kan...
Pergi bersama keluarga atau sahabat tentu menjadi acara yang sangat dinantikan. Namun kerap kali perjalanan selama liburan menjadi hal yang mengkhawatirkan karena mengalami mabuk atau mual. Sangat menyiksa sekali pastinya, liburan jadi berantakan karena mabuk perjalanan.


Lalu, apa sih penyebab mabuk kendaraan?
Penyebab mabuk kendaraan terjadi karena dua faktor, yaitu keseimbangan tubuh dan faktor riwayat penyakit.
Faktor gangguan keseimbangan ini terjadi karena mata dan telinga kita terganggu karena kendaraan yang terus bergerak, sehingga menimbulkan gejala kepala berputar, mual, hingga muntah.
Sedangkan faktor riwayat penyakit disini hanya terbatas pada penyakit tertentu, salah satunya adalah riwayat vertigo yang juga menyerang organ keseimbangan di mana gejalanya akan muncul apabila dipacu dengan hal-hal yang mengganggu organ keseimbangan seperti naik kendaraan.


Ada 4 tips dari aku untuk mencegah mabuk perjalanan nih guys :
1. Minum obat anti muntah
Pada dasarnya, obat anti mabuk tidaklah menghilangkan kondisi mabuk perjalanan. Obat ini hanya mampu membuat seseorang menjadi kebal sesaat, dan tidak bisa menahan rangsangan mabuk yang hebat dan terus-terusan. Banyak orang yang akhirnya memilih untuk minum obat anti muntah karena dianggap paling ampuh. Dan memang terbukti setelah aku minum obat ini, selama perjalanan aku gak mabuk lagi guys. Namun risikonya, kita akan mudah mengantuk. Ingat ya… obat anti muntah disarankan untuk dikonsumsi sebelum perjalanan dimulai (1/2 jam sebelum melakukan perjalanan). Jangan minum obat setelah merasa mual karena obat memerlukan waktu untuk diserap ke aliran darah. 

Bukan endorsement yah hihi ✌

2. Menggunakan minyak aromaterapi atau minyak kayu putih
Meskipun tidak semua orang menyukai bau minyak kayu putih karena aromanya yang menyengat, namun minyak ini bisa jadi senjata ampuh untuk mengatasi serangan mual dan pusing. Aroma dari minyak tersebut dapat menetralkan bau yang tidak sedap disekitar kita yang memicu kita untuk mual bahkan muntah. Selain dihirup aromanya dapat juga dioleskan pada perut agar perut terasa hangat dan rileks. Sensasi hangatnya mampu mengurangi rasa pusing dan kurang nyaman.


Hmmmmm aromanya.....


3. Mencari teman untuk mengobrol
Cara ini adalah solusi ampuh untuk menghindari mabuk perjalanan ketika menaiki transportasi umum. Yaa… Carilah teman mengobrol! Siapa tahu kamu dapat kenalan baru yang menyenangkan dan ternyata jodoh(?) hahahaha. Kalian bisa bertukar cerita tentang daerah asal, masa kecil, tujuan wisata hingga masa depan bersama. Eh?
Asik kan... Hihihihi

     
      4. Hindari aktivitas membaca atau bermain gadget terlalu lama
Sekarang ini rasanya ada yang kurang kalau sebentar saja lepas dari gadget. Ya gak guys? Meskipun gak ada notifikasi masuk, tangan tetap gatal ingin scroll-scroll atau sekedar buka insta story. Terlalu lama menatap tulisan di gadget bisa bikin pusing lho! Sama halnya jika kamu memilih baca buku sepanjang perjalanan. Ketimbang melakukan dua hal itu, kamu bisa mendengarkan musik saja lalu tidur.

Hindari yang seperti ini ya guys....


Nah, itulah 4 tips ampuh untuk menyelamatkanmu dari keresahan atas rasa mual dan mabuk perjalanan guys. Dan saatnya katakan selamat tinggal pada mabuk perjalanan…
Have a safe trip!








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SAY GOODBYE TO MOTION SICKNESS

Libur telah tiba libur telah tiba… horee… horee… horee… horee! (eits jangan sambil nyanyi yah bacanya hahahaha) Halo para pembaca ...